Beranda Nasional Zulkifli Hasan Berpotensi Jadi Ketum PAN Lagi

    Zulkifli Hasan Berpotensi Jadi Ketum PAN Lagi

    24
    0
    JAKARTA, JURNAL WARGA – Pengamat Politik, Gun Gun Heryanto menilai Ketum PAN petahana Zulkifli Hasan berpeluang besar menjadi Ketua Umum PAN kembali. Hal ini karena Zulkifli Hasan dinilai lebih serius ketimbang tiga kandidat lainnya.
    Gun Gun menjelaskan ada tiga alasan yang membuat kongres PAN potensila dimenangkan oleh Zulkifli Hasan. Tiga alasan ini adalah konsolidasi basis suara, biaya masuk bursa pencalonan Ketum PAN dan karakter kepemimpinan.
    Gun Gun menilai Zulkifli mempunya kepemimpinan akomodatif yang menjadi kekuatan dalam Kongres PAN. Ia juga menilai baru Zulkifli Hasan yang terlihat serius dalam mengartikan visi misi partai ke publik.
    Siapapun yang akan menjadi Ketum PAN mempunyai agenda yang sama yaitu mendapat suara atau tidak mendapat suara pada Pemilu 2024 mendatang.
    Menurut Gun Gun masalah serius dari PAN sebenarnya bukan pada sosol yang memenangi kontestasi di Kongres PAN, namun lebih kepada mengartikulasikan visi misi partai lima tahun ke depan. PAN dinilai sudah mulai kehilangan semangat terutama dalam dinamika isu-isu publik yang kemudian berpeluang memperbesar manuver PAN ke depan. PAN dinilai sudah tidak berada lagi dalam Top of Mind publik dan teman-teman pers.
    “PAN ini sudah tidak ada lagi top of mind dari publik dan top of mind dari teman-teman pers sehingga sering kali kesulitan mengartikan narasi politik. PAN itu stagnan dan cenderung turun beda dengan PKS yang bergeliat,” ujar Gun Gun yang diwawancarai pada Selasa, 11 Februari 2020.