Cancel Preloader
 Seberapa Efektif Kah Masker Kain Di Pakai Untuk Tangkal Virus Corona

Seberapa Efektif Kah Masker Kain Di Pakai Untuk Tangkal Virus Corona

JAKARTA,JurnalWarga.ID. – Berdasarkan penelitian yang di lakukan oleh Davies et al di Inggris menyebutkan bahwa masker kain buatan rumah memiliki efektivitas untuk menyaring partikel berukuran 0,06-1 mikron sebesar 71% sementara untuk partikel yang berukuran besar berukuran yakni sekitar 79%. Masih jauh lebih baik daripada tidak menggunakan masker sama sekali

Lalu, Apa saja sih Kelebihan dan Kekurangan jika kita menggunakan Masker Kain? Menurut juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona COVID-19, Ahmad Yurianto mengatakan “Gunakan masker kain. Masker kain bisa dicuci. Kami menyarankan penggunaan masker kain tidak lebih dari empat jam untuk kemudian di cuci dan di rendam di air”.

Dari segi kekurangan masker ini menurut Spesialis Paru dari RSUP Persahabatan, dr Erlina Burhan, SpP mengatakan “perlindungan masker dari kain terhadap droplet ada, tetapi tidak ada erosol atau partikel airbone. Jadi untuk batuk atau bersin pada pemakai yang droplet nya besar, masker kain masih  bisa menangkalnya. Tapi untuk droplet yang kecil, masker kain masih bisa tembus”. dia juga menambahkan jika masker kain tidak di gunakan untuk tenaga medis dengan alasan 40-90% partikel masih bisa menembus masker.

Related post