Beranda CEK FAKTA Cek Fakta! Relawan Sumbang Rp 3 Miliyar Demi Menangkan Anies Baswedan, Benarkah?

Cek Fakta! Relawan Sumbang Rp 3 Miliyar Demi Menangkan Anies Baswedan, Benarkah?

20
0
Cek Fakta! Relawan Sumbang Rp 3 Miliyar Demi Menangkan Anies Baswedan, Benarkah?

Jakarta, Jurnalwarga.id – Beredar video yang menarasikan bahwa relawan pendukung pasangan Bacapres dan Bacawapres, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar berhasil mengumpulkan sumbangan sebesar Rp 3 Miliar. Mari kita cek fakta dari informasi yang beredar melalui akun YouTube ini.

Dilansir dari Instagram @turnbackhoaxid (2/11/2024) Kanal Youtube NEGARA POLITIK mengunggah video dengan klaim relawan pendukung Anies Baswedan berhasil mengumpulkan sumbangan sebesar 3 milyar rupiah.

Menurut Turn Back Hoaz ID, hal ini disebut sebagai bentuk dukungan demi memenangkan pasangan Anies dan Muhaimin pada Pilpres 2024 mendatang.

Cek Fakta! Benarkah Jokowi Gantikan Megawati Jadi Ketum PDIP?

Namun setelah ditelusuri oleh tim Mafindo ini yang telah menonton keseluruhan video, justru tidak ditemukan informasi yang menjelaskan tentang klaim tersebut.

Cuplikan yang ditampilkan tidak memiliki kaitan dengan narasi yang dibacakan dalam video.

Video tersebut berisi cuplikan kegiatan Anies Baswedan pada saat mengunjungi Pondok Pesantren Al-Qodiri di daerah Gebang, Jember, dan bersilaturahmi langsung dengan pendiri Ponpes K.H. Achmad Muzakki Syah pada 6 Mei 2023. Video aslinya dapat ditemukan pada kanal Youtube milik Anies Baswedan.

Sedangkan narasi yang dibacakan dalam video identik dengan artikel yang diunggah oleh Kompas dengan judul “Pengusaha di Magetan Sumbangkan Rumahnya untuk Posko Perubahan Pemenangan Anies-Cak Imin”.

Cek Fakta: Benarkah Kondisi Ateria Dahlan Mengerikan Kena Azab Akibat Korupsi? Awas Hoaks!

Artikel ini menjelaskan tentang seorang pengusaha bernama Koh Embing menyumbangkan rumahnya yang terletak di kawasan Kawedanan, Magetan, Jawa Timur, untuk dijadikan Posko Perubahan pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Sehingga faktanya, tidak ditemukan informasi yang menjelaskan soal klaim relawan pendukung anies berhasil mengumpulkan sumbangan sebesar Rp 3 Miliar.

Cuplikan yang ditampilan pun tidak memiliki kaitan dengan narasi yang dibacakan dalam video.

Yuk, cek recek dulu fakta sebelumnya!***